KOREKSI NTB : Stop Isu Liar Ritel Modern

Lalu Nursaid
3 Min Read

jfID – Terkait beredarnya isu penambahan Ritel modern di kabupaten Lombok Timur, Koalisi penggerak ekonomi rakyat angkat bicara, Jum’at 10 Juli 2020.

Taupik Hidayat selaku koordinator Koalisi Rakyat Penggerak Ekonomi Sosial (KOREKSI-NTB), ia mengatakan, isu yang dibahas oleh beberapa kawan-kawan aktivis dan penggiat sosial ini perlu dikoreksi dan dianalisa lebih mendetail dengan didasarkan pada fakta.

“Kami memiliki kajian sosial ekonomi didukung data yang valid bahwa belum pernah ada kios yang gulung tikar akibat berdirinya ritel modern,” katanya.

Tetapi sebaliknya, dengan hadirnya ritel modern, banyak memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Baik dalam pemenuhan kebutuhan pokok, penyerapan tenaga kerja dan menggeliatnya bisnis UMKM dengan lapak lapak baru di area Ritel modern,” terang Taupik.

Selain itu, Taupik menegaskan, seharusnya teman-teman bisa melihat kepentingan masyarakat secara lebih luas. “Bayangkan 1 ritel aja bisa menyerap 8 putra daerah untuk bekerja dengan gaji diatas UMR plus jaminan sosial berupa BPJS Tenaga Kerja,” paparnya.

Disisi lain, ribuan kios kecil di Lombok Timur barangnya disuply oleh ritel. Disamping itu, keberadaan ritel ini menambah kemudahan bagi para pendatang atau wisatawan yang datang kelombok timur dalam memenuhi kebutuhannya, khususnya kebutuhan yang tidak disediakan oleh kios.

“Kalau seperti ini, bagaiamana ceritanya ritel ini mematikan usaha rakyat,” pintanya.

Kendati demikian, KOREKSI NTB mengajak kawan-kawan tidak berpikir mundur dan keliru, ditengah pemerintah pusat dan daerah berlomba lomba meningkatkan iklim investasi kita malah masih berkutat pada isu yang tidak jelas dasarnya.

“Lebih baik, berpikirlah bagaimana saat ini kita bisa mendorong Pemda mencetak pengusaha pengusaha muda UMKM yang barangnya nanti bisa dipasarkan di ritel modern atau membuka lapak di lahan parkir yang ada itu jauh lebih bermanfaat,” imbuh Taupik Hidayat selaku koordinator KOREKSI NTB.

Kami dari Koalisi Rakyat penggerak ekonomi sosial masyarakat (KOREKSI) siap mendukung kebijakan ekonomi daerah selama memberikan manfaat besar bagi ekonomi masyarakat khususnya di Kabupaten Lombok Timur.

“Mari hentikan isu soal ritel modern di Lombok Timur, bersama membangun daerah kita tercinta menuju kemajuan,” pungkasnya.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article