Khofifah Sebut Pengerukan Sungai Penting Untuk Mengurangi Banjir

Rasyiqi
By Rasyiqi
2 Min Read

Jf.id- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa angkat bicara soal bencana banjir belakangan yang melanda sejumlah wilayah di Jatim, termasuk di Pulau Madura.

Khofifah memgatakan penyebab bencana banjir adalah intensitas curah hujan tinggi. Selain itu, pintu aliran air disungai rusak atau mampet.

“Sehingga harus dilakukan pengerukan sedimentasi agar aliran air menjadi lancar. Pada saat musim kemarau nanti yang terjadi sedimentasi memang harus dikeruk,” ucap Khofifah usai bagikan bantuan sosial di pendopo Agung Bangkalan, Sabtu, 19 Desember 2020.

Sebelum terjadi bencana banjir, BMKG kata Khofifah telah memberikan peringatan dini kepada masyarakat. Selain itu, juga memberikan warning kepada pemerintah agar melakukan tindakan normalisasi aliran sungai untuk mencegah terjadinya banjir.

“Metigasinya juga harus dilakukan bersama-sama. Kalau ada sedimentasi ya dikeruk, agar tidak meluber kerumah warga,” ujarnya.

Diketahui, beberapa pekan terakhir banjir melanda daerah Provinsi Jawa Timur. Dipulau Madura ada tiga kabupaten dilanda banjir setinggi 40 cm hingga 1 meter.

Banjir di Kabupaten Bangkalan melanda dua kecamatan, yakni Kecamatan Arosbaya dan Blega. Bencana banjir itu menyebabkan rumah warga terendam banjir sehingga harus mengungsi dan arus lalulintas lumpuh.

Sedangkan banjir di Kabupaten Sampang menggenangi diwilayah jantung kota. Jalan raya di Kota Bahari tidak bisa dilewati para pengendara dan rumah-rumah warga tergenangi air.

Bencana serupa juga melanda Kabupaten Pemekasan. Sedikitnya empat kelurahan di kota gerbang salam itu terendam banjir setinggi dada orang dewasa.

Bencana banjir yang melanda tiga kabupaten di Madura itu diakibatkan intensitas hujan yang sangat tinggi disertai angin kencang. Sehingga air sungai meluap menggenangi rumah-rumah warga dan jalan raya.

Penanganan bencana banjir bukan hanya tanggungjawab pemerintah daerah tingkat kabupaten. Namun, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov) juga memiliki peran penting untuk menangani banjir. Seperti normalisasi sungai, pembuatan waduk dan lain sebagainya.

Penulis: Syahril

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article