Khofifah Sebut 294,34 Triliun Akan Mengalir ke Jatim

Syahril Abdillah
2 Min Read
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto/Istimewa)

Surabaya, Jf.Id- Dana bernilai triliunan dipastikan akan mengalir ke Jawa Timur pasca terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80 Tahun 2019.

Perpres ini lahir untuk mengatur percepatan pembangunan ekonomi di sejumlah daerah di Jawa Timur. Kini, Pemprov Jatim masih terus membahas implementasi Perpres tersebut.

Sejumlah daerah yang disebut dalam Perpres itu meliputi Kawasan Gresik-Bangkalan- Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo- Lamongan (Gerbang Kertasusila), Kawasan Bromo-Tengger-Semeru (BTS), serta kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyebut ada 218 proyek yang tercatat dalam lampiran Perpres 80/2019 senilai Rp294,34 triliun.

“Proyek-proyek itu yang sedang ditelaah bersama kementerian/lembaga terkait,” terang dia usai melakukan pertemuan tertutup dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Kantor Kemenko Perekonomian. Kamis (16/01/2020) seperti dilansir dari Beritajatim.com

Menurut Khofifah, Perpres percepatan pembangunan ekonomi khusus untuk Jatim itu, pihaknya, lanjut dia, ingin memastikan masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

“ Kami ingin memastikan semua itu masuk dalam RPJMN,” kata Gubernur perempuan itu.

Dalam pertemuannya dengan Menko Prekonomian, pihaknya diberikan arahan supaya Pemprov Jatim membuat langkah strategis jangka pendek yang cepat dan tepat (quick win).

“Dengan menentukan mana proyek yang jadi prioritas satu, prioritas kedua dan seterusnya,” ungkapnya.

Editor: Lah

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article