Hasil Polling Rendah, Ra Mamak: Saya Tidak Ikut Polling

Rasyiqi
By Rasyiqi
3 Min Read

jf.id – Semenjak Launching Polling Bakal Calon Bupati Sumenep yang dihelat jurnalfaktual.id pada Selasa 24 Desember 2019, Ra Mamak sempat unggul 132 suara dari 625 Votes. Dan disambut antusias masyarakat Sumenep, hal tersebut bisa terlihat dari results Votes polling hingga mencapai puluhan ribu. Selasa (31/12/2019).

Polling Pilkada Sumenep, menanyakan pada publik ‘Siapa Calon Bupati Sumenep Menurut Pilihan Kamu?’, Publik Sumenep, bisa langsung memilih sesuai dengan selera bacalon Bupati idamannya. Semenjak polling dibuka, results polling dinamis, Shalahuddin A. Warist (Ra Mamak) sempat unggul dari 13 Kandidat. Unais Ali Hisyam juga pernah unggul dipuncak klasemen, begitupula Achmad Fauzi, dan terakhir pada 31 Desember 2019, Fattah Jasin unggul telak dari 13 Kandidat bacalon Bupati Sumenep.

Dari results polling tersebut, beberapa bacalon Bupati Sumenep menanggapi soal polling yang dihelat jurnalfaktual.id, Shalahuddin A. Warist (Ra Mamak), saat ditanya soal suaranya yang sempat unggul dan stagnan, dirinya mengatakan tidak ikut dan berpegang pada polling.

“Polling jurnalfaktual.id harus bisa dipertanggungjawabkan secara akademik. Polling bisa naik dan bisa turun. Berarti harus digenjot. Saya tidak mengikuti polling dan berpegang pada Polling. Tapi coba lihat survei yang sudah keluar dibeberapa lembaga,” ujarnya, dengan politis. Minggu (29/12/2019).

Tanggapan Ra Mamak soal hasil Polling, skeptis dengan kenyataan popularitasnya yang memperoleh 2, 81%. Berbeda dengan Nur Faizin, walau dirinya ada di suara tengah, Nur Faizin tetap mengapresiasi hasil polling,

“Walau kita masih sebatas bacalon, tapi keniscayaan jika masyarakat menilainya. Ini masih bacalon, perjalanan masih panjang. Tapi saya mengapresiasi polling jurnalfaktual.id,” tegas Nur Faizin.

Dilain hal, Direktur Riset dan development jurnalfaktual.id, Rasyqi menilai, sikap Ra Mamak tidak dewasa dalam berpolitik,

“Wajar, Ra Mamak masih muda, ia baru bermetamorfosis dalam berpolitik, toh, dia tidak menjelaskan, lembaga survei mana yang keluar? Jangan-jangan Ra Mamak Sampang (KH. Muhammad Bin Mu’afi, red) bakal calon Bupati Sampang yang Surveinya tinggi,” tegas Rasyqi, Direktur Riset dan development jf.id.

Rasyqi menambahkan, jika cara pandang Nur Faizin menilai results polling dengan sikap Dewasa. “Nur Faizin sangat dewasa berpolitik, ia sebagai bacawabup dari PKB, walau suaranya tak begitu signifikan, namun dirinya optimis dan mengapresiasi polling jurnalfaktual.id,” imbuh Direktur Riset dan development jf.id.

Deni Puja Pranata

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article