Efek Pandemi Corona, Disbudpar Tutup Tempat Wisata di Bangkalan

Syahril Abdillah
2 Min Read
Kadisbudpar Bangkalan H. Muhammad Hasan Faisol (Foto: Bangsaonline)

JfID– Dinas Kebudayan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur untuk sementara waktu menutup sejumlah tempat destinasi wisata yang dikelola langsung oleh Pemkab setempat.

Penutupan itu sebagai antisipasi pencegahan atas meluasnya wabah Corona Virus Desese atau Covid 19. Diantara tempat wisata yang ditutup adalah Taman Rekreasi Kota (TRK).

“Tempat wisata dibawah pengelolaan Pemkab Bangkalan kami tutup, termasuk TRK dan museum,” kata Kepala Disbudpar Bangkalan H. Mohammad Hasan Faisol kepada Jurnalfaktual.Id, Selasa (24/03/2020) melalui sambungan selelur.

Untuk tempat wisata yang dikelola oleh lembaga atau perseorangan, lanjut Faisol, pihaknya memberikan pembinaan untuk mewaspadai adanya pandemi covid 19.

“Yang dikelola lembaga lain baik bumdes maupun perorongan kami lakukan pembinaan, jadi seperti itu,” terangnya.

Faisol mengaku belum bisa memberikan datline kapan tempat wisata yang ditutup bisa beroperasi kembali. Pihaknya, lanjut dia, masih menunggu surat edaran dari Bupati Bangkalan perihal perkembangan Covid 19.

“Untuk membuka kembali kami menunggu sampai ada edaran kembali dari Bupati Bangkalan,” ujarnya.

Mantan Kepala DPMPTSP itu juga mengungkapkan, pada saat pandemi corona ini pihaknya tidak berfikir mengejar target pemenuhan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor wisata. Menurut dia, keselamatan lebih penting.

“Sementara kami tidak mengupayakan PAD, karena terkait korona ini sudah sangat membahayakan. Kami tidak memikirkan PAD, jadi kami fokus sama pencegahan corona,” tegasnya.

Selain itu, pria asal Kecamatan Blega itu juga meminta agar masyarakat tidak menyepelekan wabah Covid 19, karena angka penyebarannya di Jawa Timur terus meluas. Namun Ia berharap masyarakat tidak panik.

“Kita memang harus benar benar hati- hati, jadi kalau tidak sangat penting jangan keluar rumah, jangan sampai tertular wabah virus corona,” tandasnya.

Penulis: Syahril

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article