Bayi 4 Bulan Sembuh dari Corona Berkat Penggunaan Oseltamivir

aditmahatva
2 Min Read

jfID – Bayi perempuan berusia empat bulan warga Muara Enim, Sumatera Selatan, dinyatakan sembuh setelah sebelumnya dinyatakan positif Covid-19, berkat penggunaan Antivirus Oseltamivir disertakan dalam perawatannya.

Bayi asal muara Enim merupakan satu dari tujuh pasien sembuh pada Senin 04 Mei 2019. Sehingga totalnya Saat ini ada 43 pasien sembuh positif Covid-19 di Sumsel.

Juru Bicara Covid-19 Sumsel Yusri mengatakan tujuh pasien sembuh tesebut berasal dari beberapa kota dan kabupaten di Sumsel, di antaranya tiga warga Prabumulih, dua warga Ogan Komering Ulu, satu warga Banyuasin, dan satu orang warga Muara Enim.

“Untuk pasien Yang warga Muara Enim itu adalah bayi usia empat bulan,” kata dia.

Yusri mengatakan upaya penyembuhan para pasien positif Covid-19 semakin progresif dan terus bertambah setiap harinya dengan metode penyembuhan menggunakan obat antivirus Oseltamivir.

Adapun cara Obat tersebut bekerja dengan cara memperlambat pertumbuhan virus dan meningkatkan imunitas tubuh.

“Covid-19 ini adalah penyakit self limiting disease, bisa sembuh sendiri dengan seiring meningkatnya imun tubuh. Biasanya perlu waktu sekitar tiga minggu hingga virus benar-benar hilang dari tubuh,”terang nya.

“Tapi pakai antivirus itu proses penyembuhan lebih cepat. Tim dokter di sini masih pakai Oseltamivir, belum pakai metode plasma darah untuk menyembuhkan pasien,” ungkap Yusri.

Oseltamivir merupakan obat yang digunakan dalam melawan infeksi virus influenza tipe A lanjut yusri (seperti flu burung) atau virus influenza tipe B. Obat ini masuk panduan praktek klinik (PPK) Covid-19. Salah satu jenis obatnya adalah Tamiflu.

Adapun Pasien yang dinyatakan sembuh tersebut setelah dua kali melakukan tes swab yang menyatakan mereka negatif terpapar Covid-19. Namun walaupun demikian Mereka masih diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari. Untuk memastikan daya tahan tubuh mereka kembali pulih dan tidak tertular kembali.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article