Sumenep Kini Miliki Mesin PCR untuk Deteksi Covid

Ningsih Arini
1 Min Read

jfID – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, akhinya memiliki alat penguji sampel pasien covid-19 berupa polymerase chain reaction (PCR). Satu unit mesin PCR itu merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Kita dapat bantuan (alat PCR) dari BNPB. Alatnya ditempatkan di RSUD dr H Moh Anwar Sumenep,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Edy Rasiyadi, Rabu, 23 September 2020.

Kendati telah memiliki alat uji swab mandiri, Edy mengatakan mesin tersebut belum dapat dimanfaatkan sebab sarana pendukungnya belum siap. Menurut dia, tempat untuk mesin PCR harus sesuai standar dan dioperasikan oleh SDM yang terlatih sesuai aturan Kementerian Kesehatan.

“Tapi kita masih mencari pelaksana untuk bisa menyiapkan ruangan itu. Karena semua harus steril dan sesuai dengan edaran Menkes,” jelas Edy.

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas PU Cipta Karya ini mengemukakan, secepatnya sarana prasarana PCR dapat dipenuhi. Sehingga ke depan tes swab dapat dilakukan dalam jumlah banyak dan tidak lagi memakan waktu lama.

“Kita harap alat PCR ini bisa mempercepat mengetahui hasil swab. Sebelumnya kita tidak ada alat ini, kita hanya swab saja,” ungkapnya.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article