Ketua DPRD Sumenep, Ingatkan Para Pemuda Makna Sumpah Pemuda

Rasyiqi
By Rasyiqi
2 Min Read
KH. Hamid Ali Munir, Ketua DPRD Sumenep (foto: Redaksi)
KH. Hamid Ali Munir, Ketua DPRD Sumenep (foto: Redaksi)

jfID – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, KH. Hamid Ali Munir, ingatkan para pemuda untuk menghayati nilai-nilai sakralitas yang terkandung dalam sumpah pemuda.

Hamid Ali Munir, memaknai Sumpah Pemuda sebagai tonggak kemerdekaan Republik Indonesia yang dipelopori semangat luhur para pemuda.

“Para pemuda harus mengingat bagaimana nilai-nilai perjuangan pemuda Bangsa pendahulu kita,” ungkap Hamid Ali Munir. Selasa (27/10/2020).

Politisi ulung PKB tersebut, melihat energi besar yang terkandung dalam teks Sumpah Pemuda. Dirinya menyatakan, jika pemuda kala itu berikrar sebagai satu kesatuan yang tak terpisahkan.

“Coba kita ingat petikan di pragraf ke dua Sumpah Pemuda, Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia,” terang Politisi PKB itu.

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

KH. Hamid Ali Munir mengingatkan para pemuda di masa kini untuk saling mencintai, menghargai satu sama lain. Itu nilai yang terkandung dalam sumpah pemuda.

“Jika para pemuda tidak ingat dan tidak merefleksikan Sumpah Pemuda, maka, para pemuda bisa sering tawuran. Maka dari itu, nilai dari sumpah pemuda adalah rasa kesatuan yang didasari cinta,” imbuh KH. Hamid Ali Munir.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article