Kapoldasu Bersama Pemko Medan Lakukan Pembersihan Gedung Bersejarah

Rasyiqi
By Rasyiqi
3 Min Read
Kapoldasu saat bincang dengan Pemko Medan (Foto: Juliver Lubis)
Kapoldasu saat bincang dengan Pemko Medan (Foto: Juliver Lubis)

Medan, Jurnalfaktual.id – Upaya Pemko Medan untuk menata Gedung Warenhuis dan kawasan sekitarnya di Jalan Hindu, Kecamatan Medan Barat mendapat dukungan Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH, (21/9/19).

Pemko Medan dan Polda Sumut bekerja sama melakukan pembersihan di lokasi gedung bersejarah yang dulunya merupakan bangunan supermarket pertama di Kota Medan tersebut.

Kapolda Sumut lebih dulu memimpin apel yang dihadiri Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Al Rahman MM serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan dan dilanjutkan gotong royong.

Sebagai tanda simbolis dimulainya aksi bersih-bersih, Kapolda selanjutnya menyerahkan peralatan gotong royong kepada dua orang personel..

Setelah itu Kapolda Sumut dan Walikota Medan memasuki Gedung Warenhuis untuk melihat langsung kondisi bangunan bersejarah tersebut.

Keduanya tampak kagum dengan desain dan arsitektur bangunan peninggalan Belanda sekalipun kondisinya sudah banyak yang rusak.

Sebagai wujud kepedulian untuk mengembalikan Gedung Warenhuis sebagai salah satu bangunan cagar budaya di Kota Medan, Wali Kota dan Kapolda Sumut sempat mengecet tiang bangunan.

Kemudian Kapoldasu dan Walikota Medan berjalan kaki menuju Pasar Hindu yang lokasinya tidak jauh dari Gedung Warenhuis. Di belakang Pasar Hindu ternyata terdapat bangunan Madrasah Al Washliyah yang dibangun 30 Nopember 1930.

Bangunan tersebut kini dijadikan sebagai museum dan direncanakan bangunan madrasah itu juga akan direvitalisasi bersama Masjid Bengkok yang berada di Jalan Masjid.

Aksi bersih-bersih ini mendapat apresiasi penuh warga sekitar, sebab mereka ingin melihat kembali Gedung Warenhuis seperti masa kejayaannya dulu.

Kapolda Sumut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota atas dilaksanakannya aksi bersih bersama di lokasi Gedung Warenhuis. Sebab, kegiatan ini dinilai sebagai bentuk kehadiran negara bagi masyarakat dalam upaya menghadirkan kembali Kota Medan yang pernah dijuluki sebagai Parijs Van Sumatera.

“Kita punya banyak warisan bersejarah di Kota Medan, salah satunya Gedung Warenhuis. Apabila kita rawat dengan baik tentunya akan menjadi ikon Kota Medan. Untuk itu mari kita rawat dan lestarikan seluruh bangunan bersejarah,” kata Kapoldasu.

Di kesempatan itu Kapolda selanjutnya menyampaikan apresiasi atas komitmen Pemko Medan dalam melakukan penataan di Kota Medan.

Salah satu buktinya hingga kini Pemko Medan telah menumbangkan sekitar 4.500 papan reklame bermasalah yang ada. Atas dasar itulah tegas Kapolda, Polda Sumut beserta seluru jajaran siap mendukung penuh upaya Pemko Medan tersebut. (JL)

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article