273 Desa di Bangkalan Bebas Dari Status Tertinggal

Rasyiqi
By Rasyiqi
2 Min Read

Jf.id- Sebanyak 273 desa di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur kini pada penghujung tahun 2020 tidak ada lagi yang menyandang status desa tertinggal bahkan sangat tertinggal.

Berdasarkan data yang dihimpun Jurnalfaktual.id dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bangkalan, Kamis, 24 Desember 2020 menyatakan sebagian telah menyandang status maju dan berkembang.

Perubahan status desa itu mengacu terhadap Keputusan Direktur Jendral Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Nomor 303 Tahun 2020 tentang Perubahan ketiga atas Keputusan Direktur Jendral tentang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Nomor 20 Tahun 2016 tentang Status Kemajuan dan kemandirian Desa.

Kepala DPMD Kabupaten Bangkalan Ahmad Ahadian Hamid mengutarakan, sebanyak 254 desa di Kabupaten Bangkalan berstatus berkembang dan 19 desa berstatus maju.

“Sekarang sudah tidak ada desa berstatus tertinggal. Adanya berkembang dan maju,” tuturnya kepada Jurnalfaktual.id saat ditemui diruang kerjanya.

Meski demikian lanjutnya, Di’et sapaan lekatnya mengatakan belum ada desa di Bangkalan yang berstatus desa mandiri. Adanya maju dan berkembang.

“Semoga kedepan desa terus berinovasi dan berani meningkatkan status menjadi desa mandiri,” harapnya.

Sementara itu Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron mengatakan kedepan Pemerintah tidak lagi memperhatikan desa tertinggal atau sangat terringgal.

“Yang diperhatikan mendapat bantuan itu desa yang mau mandiri, bukan tertinggal,” kata Ra Latif sapaan lekatnya kepada Jurnalfaktual.id. Senin 28 Desember 2020.

Kedepan sambung dia, pihaknya tentu terus mendorong kepala desa dan tokoh agar bisa meningkatkan desanya berstatus mandiri. Sehingga program dari pemerintah bisa turun ke desanya masing- masing.

“Karena kedepan sudah tidak ada program untuk desa tertingal khususnya di jawa, entah diluar jawa seperti apa,” ujarnya.

Orang nomor satu di kabupaten ujung barat pulau madura itu berjanji akan berkoordinasi terhadap DPMD Provinsi agar dibantu para kepala desa untuk menciptakan desa mandiri.

“Kami sudah berikan informasi ke para kepala desa, semoga ini menjadi motivasi untuk memajukan desa kedepan,” tutupnya.

Penulis: Syahril
Editor: Ningsih

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article