10 Ribu Blanko Tersedia, Segera Tukar Suket E- KTP Ke Dispendukcapil Bangkalan

Syahril Abdillah
2 Min Read

Jf. ID- Masyarakat Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur tak perlu khawatir lagi untuk bisa mengantongi blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E- KTP).

Pasalnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Bangkalan telah menerima sebanyak 10 ribu blanko E- KTP dari Dirjen Kependudukan.

Kepala Dispendukcapil Bangkalan melalui Kasi Identitas Dispendukcapil, Agus Suharyono mengatakan, bagi masyarakat yang ingin menukar suketnya dengan blanko dipersilahkan datang ke Dispenduk.

“Dulunya loket tertutup (terbatas), kalau sekarang terbuka karena kami dapat jatah 10 ribu,” ungkapnya. Jumat (21/02/2020).

Agus menyampaikan, pihaknya memiliki PR besar untuk menuntaskan persoalan kebutuhan E KTP sebanyak 33 ribu. Dari jumlah tersebut, 15 ribu Prin Ready Record (PRR) dan 23 ribu surat keterangan (Suket).

“Yang di prioritaskan PRR ini, yaitu yang baru foto dan pegang suket. Kemudian suket yang ada diluar menurut arahan dirjen menjadi prioritas nomor dua,” ujarnya.

Bagi setiap warga yang hendak mencetak E-KTP dalam bentuk blanko, Dispenduk membatasi minimal 2 suket. Hal itu, lanjut dia, untuk mengantisipasi dimanfaatkan oleh oknum yang berkepentingan.

“Jadi kalau warga dibatasi dua kalau tidak satu keluarga. Namun, kalau satu keluarga dan tercantum dalam satu KK meski enam kami akan Acc,” terangnya.

Kata dia, pihaknya mrmiliki kesempatan 2 minggu satu kali untuk mengambil jatah blanko. Sebagai langkah awal, Dispenduk telah menyiapkan 10 ribu, kemudian 5 ribu, kemudian 23 ribu.

“Jadi target kami 2 bulan ini bisa tuntas dan masyarakat Bangkalan bisa menikmati,” Pungkasnya.

Laporan: Syahril

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article