10 Negara Ikuti Peace Run 2020, Pesan Perdamaian dari Pamekasan untuk Indonesia dan Dunia

Rasyiqi
By Rasyiqi
3 Min Read
Seruan Api Perdamaian Pamekasan untuk Dunia (foto: Hasibudin/jf.id)
Seruan Api Perdamaian Pamekasan untuk Dunia (foto: Hasibudin/jf.id)

jf.id – Api perdamain dunia diambil dari Kabupaten Pamekasan, Madura, dalam Event Peace Run 2020. Event yang diikuti 10 negara tersebut, mengusung tema ‘Madura Bersinar, Dari Madura untuk Indonesia dan Dunia’ Kamis (6/2/2020).

Kegiatan yang diadakan Rotary Indonesia bekerjasama dengan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Madura, dan Pemkab Pamekasan ini, dipusatkan di Wisata Api Alam, Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan.

Dalam kegiatan tersebut, peserta Peace Run mengarak obor perdamaian dari objek wisata Api Tak Kunjung Padam, Pamekasan menuju monumen Arek Lancor, kemudian berakhir di Pendopo Ronggosukowati, obor perdamaian tersebut nantinya juga akan dibawa ke Surabaya serta ke beberapa negara di seluruh Indonesia.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, mengapresiasi penuh kegiatan tersebut. Ia bahkan bercerita jika api abadi sebagai pesan perdamaian kepada seluruh dunia itu diharapkan mampu menjalin kerukunan dan perdamaian.

Badrut Tamam, Bupati Pamekasan, pesankan Api Perdamaian (foto: Hasibudin/jf.id)

“api ala mini tak pernah mati, itu artinya kami berharap perdamaian dan kerukunan ini mampu menular kepada yang lain,” terangnya.

Dipilihnya Madura khususnya Kabupaten Pamekasan sebagai tempat pengambilan api pesan perdamaian, dalam rangka menghapus stigma negatif terhadap Madura yang masih dilihat dari sisi subjektif saja.

“Madura khususnya pamekasan itu ramah, tidak rasis, sehingga kehadiran peserta itu bisa mengubah persepsi tentang Madura,” terang Politikus Partai Kebangkitan Bangsa.

“terimakasih kepada ketua Rotary, kepada ketua Peace Run, serta seluruh panitia, mudah-mudahan pesan perdamaian ini mampu menjalar ke seluruh dunia,” sambung Baddrut Tamam.

Ketua Rotary Indonesia, DJ Febri Dipokosumo, mengatakan, pengambilan api pesan perdamaian di Pamekasan itu, dalam rangka mempromosikan kekayaan serta potensi Madura, mulai dari sisi wisata kuliner, wisata alam, atau produk lokal.

“apalagi orang Madura, khususnya pamekasan itu ramah-ramah, ini yang akan kita bawa bersama para peserta peace run 2020 ke seluruh dunia,” tuturnya.

Untuk diketahui, Peace Run merupakan event tahunan dari 10 Negera dari berbagai benua. Diantaranya, Indonesia, Jepang, Australia, Austria, Inggris, Kroasia, Singapura, USA, Bahamas dan Itali.

Laporan: Hasibudin

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article