Kabar Gembira, TikTok Shop Akan Segera Hadir Kembali dengan Cara Ini

Rasyiqi
By Rasyiqi
4 Min Read
Kabar Gembira, Tiktok Shop Akan Segera Hadir Kembali Dengan Cara Ini
Kabar Gembira, Tiktok Shop Akan Segera Hadir Kembali Dengan Cara Ini

jfid – TikTok Shop, platform jual beli online yang berbasis video singkat dan live streaming, sempat ditutup oleh pemerintah pada September 2023 lalu karena dianggap melanggar aturan perdagangan elektronik. Namun, kabar baik datang dari TikTok yang berencana membuka kembali layanan TikTok Shop di Indonesia dengan cara membuat situs baru yang berstatus e-commerce.

TikTok Shop merupakan salah satu fitur unggulan dari aplikasi TikTok, yang memungkinkan penjual dan pembeli berinteraksi langsung melalui video singkat dan live streaming. Dengan konsep shoppertainment, TikTok Shop menawarkan pengalaman belanja yang seru dan menyenangkan bagi penggunanya.

Sebelum ditutup, TikTok Shop telah berhasil menarik banyak penjual dan pembeli, terutama dari kalangan generasi Z dan milenial. Berdasarkan data dari TikTok, TikTok Shop telah memiliki lebih dari 10 juta penjual dan 100 juta pembeli di Indonesia. Selain itu, TikTok Shop juga mengklaim telah mencatat pertumbuhan GMV (Gross Merchandise Value) sebesar 1500 persen dalam kurun waktu satu tahun.

Namun, keberhasilan TikTok Shop ternyata menimbulkan masalah hukum. Pemerintah menilai bahwa TikTok Shop melanggar Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 terkait dengan Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. Salah satu pelanggarannya adalah tidak memiliki izin usaha sebagai e-commerce.

Akibatnya, pemerintah memerintahkan TikTok untuk menutup layanan TikTok Shop pada 30 September 2023. Keputusan ini tentu saja mengecewakan banyak pengguna TikTok Shop, baik penjual maupun pembeli. Banyak yang mengeluhkan bahwa pendapatan mereka menurun drastis setelah TikTok Shop ditutup. Bahkan, ada juga yang mengancam akan berhenti menggunakan aplikasi TikTok jika TikTok Shop tidak dibuka kembali.

Menanggapi hal ini, TikTok mengatakan bahwa mereka menghormati keputusan pemerintah dan akan mematuhi aturan yang berlaku di Indonesia. TikTok juga berjanji akan terus berkomunikasi dengan regulator untuk mencari solusi terbaik bagi para pengguna TikTok Shop.

Salah satu solusi yang ditawarkan oleh pemerintah adalah dengan membuka situs baru yang berstatus e-commerce. Dengan begitu, TikTok Shop bisa kembali beroperasi dengan mengurus perizinan usaha sesuai dengan Permendag 31/2023. Hal ini juga didukung oleh beberapa menteri, seperti Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, yang menyambut baik rencana pembukaan kembali TikTok Shop.

Namun, kapan tepatnya TikTok Shop akan dibuka kembali? Belum ada jawaban pasti dari pihak TikTok. Namun, beredar rumor bahwa TikTok Shop akan kembali hadir di Indonesia dalam waktu satu bulan lagi, yakni pada November 2023. Rumor ini muncul setelah beredar surat pemberitahuan di media sosial yang menyebutkan bahwa TikTok akan kembali buka setidaknya satu bulan sejak penutupan, setelah mendapat izin.

Apakah rumor ini benar? Atau hanya isapan jempol belaka? Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari TikTok. Yang pasti, banyak pengguna yang sudah tidak sabar untuk kembali menikmati layanan TikTok Shop yang unik dan menyenangkan. Bagaimana dengan Anda?

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

TAGGED:
Share This Article