Bos Metro TV: Mengungkap Bisnis dan Kekayaan Surya Paloh

Noer Huda
3 Min Read

jfid – Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasDem, adalah sosok yang akrab dalam kancah politik dan bisnis Indonesia. Dengan total kekayaan mencapai angka Rp 8,74 triliun, Surya Paloh mampu meraih peringkat ke-77 dalam daftar 150 orang terkaya di Indonesia.

Kekayaan ini bukan sekadar hasil keberuntungan, melainkan sebuah prestasi dari kerja keras dan dedikasi tinggi dalam membangun beragam bisnisnya.

Salah satu tiang kekayaan utama Surya Paloh adalah bisnis media. Melalui Media Group, Surya Paloh menguasai dua media raksasa di Indonesia, yakni Harian Media Indonesia dan Metro TV.

Kedua media ini tidak hanya memberikan kontribusi signifikan terhadap pendapatan Surya Paloh, tetapi juga memegang peran kunci dalam membentuk opini publik di Indonesia.

Dengan jaringan yang meluas dan jangkauan yang mendalam, kedua media ini telah menjadi sumber informasi yang sangat dipercayai oleh masyarakat Indonesia.

Namun, dominasi bisnis Surya Paloh tidak berhenti pada sektor media saja. Melalui Media Group Hospitality, Surya Paloh juga mengoperasikan beberapa hotel ternama seperti The Papandayan dan InterContinental Bali Resort.

Meskipun detail tentang jumlah total hotel yang dimiliki oleh Media Group Hospitality tidak tersedia, yang jelas bisnis ini telah memberikan kontribusi besar terhadap kekayaan Surya Paloh.

Dengan standar pelayanan tingkat atas dan lokasi yang strategis, hotel-hotel ini telah menjadi pilihan utama para wisatawan, baik domestik maupun internasional.

Selain media dan hotel, Surya Paloh juga memiliki beragam bisnis lainnya. Beberapa perusahaan yang tergabung di bawah naungannya termasuk PT Emas Mineral Murni, yang aktif di bidang pertambangan emas, PT Pusaka Marmer Indahraya (PUMARIN) di sektor marmer, dan PT Surya Energi Raya di bidang minyak dan gas.

Diversifikasi bisnis ini menunjukkan bagaimana Surya Paloh telah berhasil membangun kerajaan bisnis yang beragam dan sukses.

Melalui berbagai bisnis yang dimilikinya, Surya Paloh menggambarkan bagaimana seorang pemimpin politik juga bisa tampil sebagai pengusaha sukses.

Kepemilikan bisnis yang luas dan berhasil ini mengukuhkan bahwa dia bukan hanya pemimpin politik, tetapi juga seorang pengusaha yang mumpuni.

Namun, satu pertanyaan yang mengemuka adalah apa langkah selanjutnya bagi Surya Paloh? Dengan berbagai bisnis sukses dan kekayaan yang terus bertambah, apa lagi yang bisa dicapai oleh seorang Surya Paloh? Mungkin hanya waktu yang akan memberikan jawaban atas pertanyaan ini.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article