Latihan Soal CPNS 2024: Simak Contoh dan Pembahasan SKD TWK, TIU, dan TKP

Noer Huda By Noer Huda - Content Creator
5 Min Read
Latihan Soal CPNS 2024: Simak Contoh dan Pembahasan SKD TWK, TIU, dan TKP
Latihan Soal CPNS 2024: Simak Contoh dan Pembahasan SKD TWK, TIU, dan TKP
- Advertisement -

jfid – Bagi mereka yang bercita-cita menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun 2024, kini saat yang tepat untuk memulai persiapan dengan memahami dan berlatih soal-soal yang terkait dengan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

SKD adalah salah satu tahapan seleksi CPNS yang diadakan secara daring menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Tahapan ini terdiri dari tiga materi uji, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Masing-masing materi uji memiliki batas minimal (passing grade) yang harus dicapai oleh peserta, yaitu TWK sebesar 65, TIU 80, dan TKP 166. Bagi peserta yang tidak dapat mencapai passing grade, mereka tidak akan dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

TWK bertujuan untuk menguji pengetahuan peserta mengenai nasionalisme, integritas, bela negara, dan pilar negara seperti Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

TIU dirancang untuk menguji kemampuan verbal, numerik, dan figural peserta dalam menyelesaikan soal-soal yang melibatkan analogi, silogisme, analitis, berhitung, deret angka, perbandingan kualitatif, soal cerita, analogi, ketidaksamaan, dan serial.

Sementara itu, TKP fokus pada menguji sikap dan perilaku peserta dalam situasi yang terkait dengan pelayanan publik, jejaring kerja, aspek sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, dan anti radikalisme.

Jadwal seleksi CPNS 2024 dibagi menjadi tiga periode, yakni periode I pada minggu ketiga bulan Maret 2024, periode II pada bulan Juni 2024, dan periode III pada bulan Agustus 2024.

Untuk membantu calon peserta mempersiapkan diri dengan lebih baik, kami menyajikan contoh dan pembahasan soal CPNS 2024 yang diadaptasi dari buku Panduan Resmi Tes CPNS CAT 2023/2024 (Umbara dan Halim, 2023).

Contoh Soal TWK CPNS

Semangat nasionalisme kaum terpelajar dalam membangun pendidikan skala nasional pada masa pergerakan kemerdekaan didasarkan pada….
A. Lulusan pendidikan tidak dapat diprediksi
B. Masyarakat pribumi belum tertarik terhadap pendidikan
C. Kolonial Belanda membatasi kesempatan pribumi untuk terpelajar
D. Pendidikan kolonial tidak tergantung pada masyarakat pribumi
E. Corak pendidikan nasional berlatar belakang Barat dan terbatas
Pembahasan: Pendidikan pada masa pergerakan kemerdekaan RI yang digawangi oleh kolonial Belanda sangat terbatas dan berlatar belakang Barat. Sehingga kesesuaian terhadap nilai dan norma luhur masyarakat Indonesia terbatas pada ilmu Barat.
Jawaban: E. Corak pendidikan nasional berlatar belakang Barat dan terbatas

Lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dikenalkan oleh Wage Rudolf Soepratman pertama kali diperdengarkan untuk membangkitkan rasa nasionalisme pada saat….
A. Rapat organisasi Budi Oetom0
B. Proklamasi kemerdekaan
C. Sumpah Pemuda
D. Sidang BPUPKI
E. Peristiwa Rengasdengklok
Pembahasan: Pertama kali lagu Indonesia Raya diperdengarkan dengan biola milik W.R Soepratman pada saat Sumpah Pemuda tahun 1928 tanpa lirik yang sekarang menjadi lagu nasional Indonesia
Jawaban: C. Sumpah Pemuda

Hadirnya kehidupan masyarakat saat ini dipelopori oleh sejarah pergerakan nasional Indonesia yang dilakukan oleh….
A. Para kiai
B. Kaum terpelajar
C. Masyarakat pribumi
D. Pedagang
E. Kaum ulama dan tumenggung
Pembahasan: Hadirnya pergerakan nasional untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih baik dengan semangat nasionalisme dipelopori oleh kaum terpelajar dan profesional. Hal ini ditunjukkan dengan perubahan cara memperjuangkan kemerdekaan dengan cara organisasi berskala nasional.
Jawaban: B. Kaum terpelajar

Berikut ini yang bukan sebagai komponen untuk membangun sumber daya manusia dalam institusi agar memiliki integritas tinggi adalah…..
A. Promosi
B. Mutasi
C. Rekrutmen
D. Seminar
E. Prestasi kinerja
Pembahasan: Seminar yang dimaksudkan dalam instansi merupakan cara untuk meningkatkan kinerja, bukan membangun integritas.
Jawaban: D. Seminar

Wujud bela negara seorang pelajar di luar negeri adalah……
A. Menuntut gaji kepada pemerintahan
B. Mengembangkan ilmu pengetahuan
C. Memberikan sponsor kepada pelajar luar negeri
D. Mencari pekerjaan yang lebih baik di luar negeri
E. Memberikan informasi penting kepada pemerintah luar negeri
Pembahasan: Bentuk bela negara yang dapat dilakukan oleh pelajar di luar negeri dapat diwujudkan dengan perilaku menuntut ilmu dan mengembangkan ilmu pengetahuan agar bisa diterapkan di dalam negeri untuk kemaslahatan masyarakat secara luas.
Jawaban: B. Mengembangkan ilmu pengetahuan

- Advertisement -
Share This Article