Lomba Merpati Balap Nasional Diikuti Peserta dari Seluruh Indonesia

Deni Puja Pranata By Deni Puja Pranata
2 Min Read
Lomba Merpati Balap Nasional Diikuti Peserta dari Seluruh Indonesia (Ilustrasi)
Lomba Merpati Balap Nasional Diikuti Peserta dari Seluruh Indonesia (Ilustrasi)
- Advertisement -

jfid – Lomba burung merpati balap tingkat nasional digelar di Kota Sumenep, Jawa Timur, Sabtu (5/10/2024). Ratusan penghobi merpati balap dari berbagai wilayah di Indonesia saling beradu cepat di lapangan merpati balap Kalimook.

“Jadi total ada 624 peserta lomba. Semua perangkat lomba juga kita hadirkan pengurus pusat PMBSI. Ini ajang tahunan, lokasi lombanya ditentukan secara bergiliran. Dan kebetulan di tahun 2024 ini Sumenep mendapat giliran,” kata Panitia Lomba Hasan, Sabtu (5/10/2024).

Dalam lomba ini, pihak juri juga mulai menerapkan sentuhan teknologi berupa pemasangan cctv di garis start dan finish.

“Ini untuk pedoman juri dalam menentukan burung juara dalam setiap sesinya. Karena merpati balapnya ini melesat ya. Ini merpati pilihan dan pemenang di setiap wilayahnya. Kalau ada komplain, baru kita buka rekaman cctv di garis finishnya. Kalau dalam istilah sepakbola, ini semacam VAR,” terang Humas Lomba Merpati Nasional di Sumenep, Nurussalam.

Salah seorang peserta lomba asal Sampang, Anshari mengaku senang bisa ikut lomba nasional ini. Sebagai persiapan, dia telah melatih 4 pasang burung merpatinya secara rutin.

“Ya di tren dengan rekan penghobi lain di rumah Sampang. Selain itu ya dikasih makanan khusus pilihan seperti jagung dan minuman herbal,” katanya.

Lomba merpati balap tingkat nasional ini akan digelar hingga hari Minggu, 6 Oktober 2024. Pagelaran tertinggi balap merpati ini juga menyerap jasa sewa motor untuk melepas burung dara sebanyak 150 unit lebih. Lomba merpati balap tingkat nasional juga memperebutkan piala bergilir dan uang pembinaan sebesar 200 juta rupiah. (red)

- Advertisement -
Share This Article