Gurih! Resep Pentol Bakar: Campuran Daging dan Saus Kecap Lezatos

khosnol By khosnol
3 Min Read
Gurih! Resep Pentol Bakar: Campuran Daging dan Saus Kecap Lezatos
Gurih! Resep Pentol Bakar: Campuran Daging dan Saus Kecap Lezatos
- Advertisement -

jfid – Pentol bakar adalah salah satu camilan favorit yang sering ditemui di berbagai acara, mulai dari arisan keluarga hingga acara santai bareng teman-teman.

Dengan cita rasa gurih dan tekstur yang kenyal, pentol bakar memang tidak pernah gagal untuk memanjakan lidah.

Nah, jika kamu ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut ini adalah resep sederhana untuk membuat pentol bakar yang lezat. Simak poin-poin berikut!

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging sapi cincang
  • 1 buah bawang putih, haluskan
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 butir telur
  • Tepung panir secukupnya
  • Bamboo skewer (tusuk sate)

Cara Membuat:

  1. Siapkan Bahan Utama
    Pastikan daging sapi cincang sudah siap. Kamu bisa membeli daging sapi cincang di pasar atau supermarket terdekat. Untuk hasil yang lebih baik, pilihlah daging yang agak berlemak supaya pentol bakar tidak terlalu kering saat dipanggang.
  2. Campur Semua Bahan
    Dalam sebuah wadah besar, campurkan daging sapi cincang, bawang putih yang sudah dihaluskan, kecap manis, merica bubuk, garam, dan telur. Aduk rata semua bahan hingga tercampur merata. Pastikan semua bumbu dan telur terdistribusi sempurna di dalam daging.
  3. Bentuk Pentol
    Ambil sebagian adonan daging, lalu bentuk bulat-bulat seperti bola kecil. Gunakan tangan yang sedikit dibasahi air agar adonan tidak lengket di tangan. Lakukan hal yang sama hingga semua adonan habis. Ukuran pentol disesuaikan dengan selera, bisa seukuran bola pingpong atau lebih kecil.
  4. Tusuk dengan Skewer
    Ambil satu bola pentol, lalu tusuk dengan bamboo skewer atau tusuk sate. Pastikan tusukan cukup kokoh supaya pentol tidak lepas saat dipanggang.
  5. Panggang di Panggangan
    Panaskan panggangan atau grill dengan api sedang. Jika kamu tidak punya panggangan, kamu juga bisa menggunakan teflon anti lengket yang dipanaskan dengan sedikit minyak. Panggang pentol bakar hingga matang dan berwarna kecokelatan di setiap sisinya. Bolak-balik pentol secara teratur agar matang merata dan tidak gosong.
  6. Taburi Tepung Panir (Opsional)
    Jika kamu menginginkan tekstur lebih renyah di luar, setelah pentol matang, taburi dengan tepung panir secara merata. Tepung panir akan memberikan sentuhan renyah yang sedap di setiap gigitannya.
  7. Sajikan Hangat
    Pentol bakar siap disajikan selagi hangat. Kamu bisa menikmatinya langsung dengan saus kecap atau saus sambal sesuai selera. Biasanya, pentol bakar juga enak disantap dengan nasi atau sebagai pelengkap mie goreng atau bubur.
- Advertisement -
Share This Article